Friday, March 11, 2016

10 Objek Wisata Di Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisatawan asing dan lokal banyak berkunjung ke salah satu kota tujuan wisata ini. Disini saya rekomendasikan beberapa tempat di Yogyakarta yang patut dikunjungi.

1. Jalan Malioboro

Anda dapat menjelajahi jalan ini dengan berjalan kaki sekitar kawasan Malioboro – yang merupakan shopping street yang utama di Jogja. Namun,biasanya jalan akan dipenuhi dengan ratusan Sepeda motor, becak dan juga mobil. Ketika sedang menyusuri dan melihat lihat lapak dagangan di Malioboro kita akan sering mendengan “becak, mister?” dari salah satu tukang becak. Ya memang becak merupakan salah satu alat transportasi di Jogja ini khususnya di Malioboro.
2. Pantai Parangtritis

  
Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

3. Candi Prambanan

 
Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 m dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Sebagian dari kawasan wisata yang yang terletak pada ketinggian 154 m di atas permukaan laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.   

4. Goa Jomblang



Goa Jomblang-Grubug terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer tenggara kota Jogja. Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal ladang kering berbatu dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan menuju lokasi goa ini.   

5. Candi Sambisari

Bagi Anda yang tergila-gila dengan peninggalan peradaban Hindu Kuno yang sempat menguasai tanah Jawa di era dahulu, maka tempat wisata Jogja yang satu ini wajib Anda kunjungi. Namanya Candi Sambisari. Letaknya berada di dusun Purwomartani. Yang membuat candi ini unik adalah letaknya yang berada 6,5 meter lebih rendah ketimbang lahan di sekitarnya. Tak ada biaya masuk, membuat candi ini semakin menjadi surga wisata tersembunyi. Anda juga akan menemukan banyak relief yang artistik di sekitar Candi Sambisari. Belum dengan patung Dewi Siwa dan Dewi Durga yang eksotis, bisa Anda temukan di kawasan candi yang dulunya persawahan ini dan mulai tahun 1996 direnovasi oleh para ahli purbakala.



6. Keraton Yogyakarta

Merupakan obyek wisata yang paling populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan,baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Faktor sejarah membuat orang banyak yang datang ke keraton Yogyakarta ini. Sebab, keraton ini merupakan keraton yang masih ada hingga saat ini dan termasuk sebuah keraton di Indonesia yang paling besar dan terkenal.

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.968 mdpl dan termasuk gunung teraktif di Indonesia.




8. Candi Borobudur






9. Istana Air Taman Sari



10. Kebun Binatang Gembira Loka


0 comments:

Post a Comment